Mobil Listrik Harus Punya STNK dan BPKB

Nissan Leaf dipamerkan di IEMS 2019.

Belakangan ini popularitas mobil listrik semakin menguat, lebih lebih lagi mulai semakin bnyak pabrikan yang memproduksi dan menjualnya di Indonesia. Akan tetapi masih bnyak juga yang blum mengerti atau kuatir, apakah kendaraan listrik memerlukan STNK?

Aan Suhanan, Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, berujar bahwa kalau mobil listrik dan mobil konvensional dikuasai dalam undang-undang yang sama. Dia menuturkan, bahkan timnya telah mulai meregistrasi kendaraan listrik semenjak 2012.

“Tahun 2012 sebenarnya di Surabaya telah terdapat mobil listrik, tetapi berlangsung bingung gimana mengontrolnya,” terang-terangan Aan di gelaran IEMS 2019 hari kedua (5/9/2019).

Wuling Motors masih butuh studi hadirkan mobil listrik di Indonesia.Gilang Wuling Motors masih perlu studi hadirkan mobil listrik di Indonesia.

“Sebenarnya undang-undang kendaraan bermotor listrik ini sama dengan kendaraan yang telah terdapat, baik yang berbasis minyak ataupun gas,” jelas Aan.

katanya, apa saja kendaraan yang tersebar di jalan seharusnya melalui uji layak jalan, uji teknis yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan.

Selain itu, baik kendaraan listrik ataupun konvensional juga seharusnya didaftarkan di Kementerian Industrian untuk pendaftaran versi (TPT). Jika telah memenuhi segala syarat, akan keluar Akta Registrasi Uji Versi Kendaraan (SRUT).

Mobil Listrik Neo BlitsAditya Maulana Mobil Listrik Neo Blits

“Itu yang menjadi asas kita di Kepolisian untuk meregistrasi atau mendaftarkan, hasil outputnya adalah BPKB dan STNK. Bahwa benar kendaraan itu asal usulannya terang-terangan dan sah,” jelasnya.

Jika telah mempunyai keduanya, kendaraan listrik dapat beroperasi secara sah di jalan raya, seperti kendaraan konvensional. “Inilah yang menjadi prosedur untuk beroperasi di jalan. Tanpa kedua surat itu, kendaraan tak bisa dipakai di jalan,” lanjut Aan.

Dia juga menambahkan, beberapa kota besar di Indonesia telah bnyak yang melaksanakan registrasi kendaraan listrik. Bahkan di Jakarta sampai saat ini, tertulis terdapat 1.600 lebih kendaraan listrik yang sudah beroperasi di jalan.

Wuling Motors masih butuh studi hadirkan mobil listrik di Indonesia.Mobil Listrik Neo Blits

Next Post
Related Post
otomotif